Panduan Cara melakukan ping blog

cara melakukan ping ke search engineCara melakukan ping ke search engine - Setelah membuat blog, hal pertama yang harus dilakukan adalah  "Mendaftarkan Blog ke Search Engine" ( Mesin Pencari ), Jika anda melum mendaftarkan blog anda, baca artikel "Cara Mendaftarkan blog ke google" dan artikel "Cara mendaftarkan blog ke Bing". Setelah menulis dan menerbitkan beberapa artikel, sebaiknya Lakukan PING BLOG agar artikel yang telah diposting segera di indeks oleh banyak mesin pencari.

Melakukan Ping Tidak Wajib

Sebenarnya tanpa melakukan Ping Blog, mesin pencari tetap akan mengindeks sebuah blog. Bahkan, tanpa mendaftarkan Blog ke search engine, Blog tetap akan di indeks oleh mesin pencari. Yang jadi masalah, kapan mereka akan mengindeks blog / situs kita. Kalaupun mereka mengindeks secepatnya, mungkinkah blog kita akan di tampilkan di halaman depan hasil pencarian ?
Anda masih malas melakukan ping blog ??? Lanjutkan membaca artikelnya !!!

Fakta

Perusahaan Riset Kelas Dunia ( Forrester Research ) mengeluarkan fakta: "93% orang mencari informasi melalui search engine". Dari hasil Survey langsung dari pengguna Search Engine ternyata 87% Pengunjung sebuah website/Blog datang dari halaman pertama. Sedangkan 75% Pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman 4 search engine. Artinya jika website/blog kia tidak tampil pada halaman pertama search engine berarti 87% pengguna internet tidak akan membuka Web/Blog kita. Apabila website/blog kita tidak tampil pada 4 halaman awal search engine berarti 96.75% pengguna internet tidak akan membuka Web/Blog kita. ( kecuali anda menyuruh orang lain mengunjungi blog anda dengan memberikan url blog anda ke orang lain, atau memberikan komentar di blog orang lain dan berharap adminnya mengunjungi blog anda juga ).

Cara Ping blog ke mesin pencari

Setelah membaca fakta di atas, saya yakin anda sudah tahu pentingnya melakukan Ping Blog, ( kecuali jika anda tidak mau artikel anda di baca orang lain dan blog anda tidak akan pernah mendapat pengunjung ). Jika masalah berikutnya adalah anda tidak tahu cara "Melakukan Ping Blog" ke search engine, berikut saya jelaskan selengkapnya dan dalam tempoe yang se-singkat - singkatnya.

Banyak situs Ping yang bisa digunakan untuk Ping Blog ke search engine. Untuk artikel kali ini, saya memilih Ping O Matic. Alasannya, selain URL blog, kita juga bisa Ping RSS FEED blog kita di sana. Caranya :

  • Kunjungi  http://pingomatic.com/
  • Pada kotak Blog Details, isi kotak pertama dengan Nama Blog anda, isi kotak kedua dengan URL blog anda, isi kotak ketiga dengan URL RSS FEEDS blog anda. 
 Contoh feeds blog : http://www.bloggerbugis.com/feeds/posts/default
  • Pada kotak Services to Ping, klik kotak kecil untuk memilih Search Engine yang anda inginkan dimana blog anda akan di Ping. Jika ingin memilih semuanya, klik saja tulisan "Check All".
Ping, ping blog, cara ping, cara melakukan ping, cara ping url blog, cara melakukan ping ke mesin pencari
Gambar 1 : Cara melakukan Ping

  • Klik Sent Ping untuk mulai melakukan Ping.
  • Tunggu beberapa saat sampai anda melihat tampilan halaman Ping O Matic seperti gambar di bawah ini :
Ping, ping blog, cara ping, cara melakukan ping, cara ping url blog, cara melakukan ping ke mesin pencari
Gambar 1 : Cara melakukan Ping

  • Selesai

Jangan jadi Spam

Siapapun ( baik anda maupun saya ) tidak ingin dianggap spam dan tidak suka dengan spam. Karena itu, berilah komentar yang berhubungan dengan artikel, maaf... itu tidak ada hubungannya dengan artikel ini . Maksud saya, jangan terlalu sering melakukan PING link BLOG anda karena akan dianggap spam oleh mesin pencari. Pepatah mengatakan, lebih baik terlambat melakukan ping daripada dianggap spam ( Saya yakin anda tidak pernah mendengar pepatah ini ).

Penutup

Setelah melakukan Ping Blog, tidak ada jaminan blog anda akan ditampilkan di halaman depan hasil pencarian. Untuk tampil di halaman depan hasil pencarian Search Engine, tidak semudah memindahkan gunung Krakatau tapi tidak juga sesulit menangkap macan dengan tangan kosong. Semua tergantung seberapa banyak Optimasi SEO yang telah dilakukan. Setidaknya, salah satu cara untuk mengoptimasi SEO Blog sudah dilakukan yaitu melakukan Ping Blog.

Semoga bermanfaat....