Cara Memberi Komentar yang Baik dan Benar

cara memberi komentar yang baik dan benarSelama beberapa hari BLOGGERBUGIS terabaikan. Bukan karena malas ngeBlog atau tidak ada ide untuk postingan baru, melainkan karena saya sedang fokus mengedit template baru Blogger Bugis yang sedang anda lihat sekarang. Beberapa fitur tambahan membuat template BLOGGERBUGIS lebih LOLA dari template sebelumnya. Saat artikel ini ditulis, beratnya 199,14kb. Artinya, 2 kali lipat lebih besar dari ukuran template yang baik.Untuk itu, saya mohon maaf kepada sobat blogger yang berkunjung dan harus menunggu loading saat membuka Blogger Bugis. Insya allah berat blog ini akan saya kurangi dengan menghilangkan beberapa fiturnya sambil menulis artikel

cara memberi komentar yang baik dan benar
Gambar 1 : Cara memberi komentar yang baik
Kembali ke topik Artikel yaitu cara memberi komentar yang baik dan benar di blog lain.

Setelah selesai mengedit template, saya masuk ke dasbord Blogger Bugis untuk mengganti template. dan menambahkan widget baru. Di halaman dasbord, sudah ada puluhan komentar yang menunggu moderasi.
  • Tidak ada komentar Spam
  • Hanya beberapa komentar yang benar
  • Tidak ada komentar yang baik

Jika berdasarkan List komentar di atas, artinya blogger indonesia tahun 2012 ini sudah sedikit lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2010, dari 10 komentar yang masuk ke Blogger Bugis salah satunya adalah komentar Spam. cara memberi komentar yang baik dan benar di blog lain

Hanya beberapa komentar yang benar

Kebanyakan komentar yang masuk kurang lebih seperti ini :
postingan yang bagus gan, artikel yang bermanfaat bro, thanks for sharing, ijin ke TKP mas, dll yang sepertinya di ketik terburu buru dan asal asalan. BLogger biasanya melakukan komentar seperti ini dengan tujuan untuk mendapatkan backlink dan berharap dikunjungi oleh admin blog yang di komentari. Saya akan memoderasi komentar seperti itu. Kemungkinan besar tidak akan di balas dan sudah pasti blog si pemberi komentar tidak akan saya kunjungi.

Tidak ada komentar yang baik.

Beberapa komentar sudah benar karena berhubungan dengan artikel. Dari beberapa komentar tersebut, tidak satupun yang merupakan komentar yang baik. Contohnya : saya kok ga' bisa ya ??? ( komentar di artikel tutorial, misalanya artikel "Cara mendaftarkan blog ke 50 Mesin Pencari" ). Komentar seperti ini akan saya kunjungi, cari masalah kenapa bisa gagal menerapkan tutorialnya, tapi saya tidak akan memberi komentar di blognya ( Kecuali PR Blognya 2 atau lebih cara memberi komentar yang baik )

Bagaimana Seharusnya Sebuah Komentar ?

Dengan memberi komentar, kita akan mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari. Tapi sebaliknya, blog yang dikomentari harus mengijinkan komentar Via Name / URL termasuk anonim agar backlink tidak mengarah ke profil blog melainkan langsung ke blog si pemberi komentar

cara memberi komentar yang baik dan benar di blog
Gambar 2 : Cara memberi komentar yang baik


Untuk memberikan komentar yang baik dan benar, seorang blogger harus bisa membedakan mana komentar spam dan yang mana komentar yang benar, serta mengetahui cara memberi komentar yang baik.

KOMENTAR SPAM

Komentar Spam adalah komentar yang menyertakan Link Aktif dengan anchor teks. Tidak ada salahnya memasang url blog di dalam komentar. Cara ini akan membuat admin blog yang di komentari lebih mudah melakukan kunjungan balik. Jika URLnya atau anchor teksnya di beri link maka komentarnya sudah menjadi komentar spam. Komentar seperti ini akan saya masukkan ke dalam folder Spam lalu membiarkan blogspot menilai blog tersebut. Pada awal - awal ngeblog saya juga pernah memberi komentar di blog lain dan menyertakan LINK aktif dengan anchor text, tapi waktu itu saya belum tahu kalau komentar seperti itu adalah spam. Saya ingin meminta maaf kepada admin blognya, masalah saya sudah lupa blog tersebut cara memberi komentar yang baik

KOMENTAR YANG BENAR

Komentar yang benar adalah komentar yang berhubungan dengan artikel yang dikomentari. Misalanya : "Saya sudah berhasil, terima kasih tutorialnya" ( komentar pada artikel "Cara membuat Blog Versi Baru" ). Komentar seperti ini akan membuat admin senang, jika dia tidak mengunjungi blog anda, berarti adminnya "Sungguh Terlalu". cara memberi komentar yang baik dan benar

KOMENTAR YANG BAIK

Komentar yang baik adalah komentar yang menyertakan judul artikel yang di komentari.
Contohnya : "Terima kasih tutorialnya, sekarang saya sudah tahu cara memasang gambar di artikel blog" ( komentar pada artikel "cara memasang gambar di postingan" )

Dengan memberi komentar, kita akan mendapatkan backlink. Apa susahnya memberikan komentar yang baik dan benar ? Komentar yang benar sudah cukup, tapi seharusnya kita juga memberikan komentar yang baik untuk membantu mempopulerkan blog yang telah memberikan backlink ke blog kita.

Dengan memberikan komentar spam, komentator akan mendapat 2 backlink. Tentu saja ini akan menguntungkan si pemberi komentar tapi akan merugikan blog yang di komentari. Google panda akan menendang blog yang banyak komentar spamnya dari serp yang artinya, backlink ganda yang diperoleh tadi menjadi sia - sia karena berada di blog yang di benci search engine. Pada akhirnya, blog yang di komentari akan rugi, demikian juga denagn blog orang yang memberi komentar spam.

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Semoga bermanfaat...