Cara mengetahui posisi artikel di hasil pencarian

Cara Mengetahui Posisi artikel di SERP - Untuk melakukan optimasi SEO pada artikel blog, sangat penting untuk mengetahui artikel mana yang harus di optimasi terlebih dahulu. Artikel yang sudah duduk manis di halaman pertama SERP untuk sementara tidak perlu lagi di optimasi. Sebaiknya, dahulukan mengoptimasi artikel yang jauh dari halaman pertama. Lalu, bagaimana cara mengetahui posisi artikel di SERP ( Hasil Pencarian ) ???

Meskipun blog ini sudah berjalan beberapa tahun, saat ini Blogger Bugis bisa di katakan sebagai blog baru.  Semua artikel BB yang lama saya hapus karena sudah tidak cocok lagi di baca tahun ini mengingat tampilan blogger sudah dipermak google. Sebagai blog baru, saat ini saya hanya mulai memfokuskan artikel di Blogger Bugis bisa tampil pada halaman depan hasil pencarian search engine google terutama google indonesia. Untuk itu, saya hanya menggunakan Google SERP Checker untuk mengetahui posisi artikel di hasil pencarian google Indonesia.

Tools ini bisa anda temukan di http://easyseotracking.com/google-serp-checker.php ( blog baru tidak boleh banyak link keluar, jadi anda harus copy paste URLnya ). Sesuai dengan namanya, Google SERP Checker akan membantu kita cek posisi artikel di hasil pencarian Google dot com, google.co.id, .am, .as, dan dot dot google lainnya  sesuai dengan keyword yang kita tentukan.

Cara Menggunakan Google SERP Checker

Cara menggunakan tools ini sangat mudah dan praktis. Perhatikan gambar di bawah ini :

cara mengetahui posisi artikel | Cara melihat posisi artikel di SERP | Cara mengetahui posisi artikel pada hasil pencarian
Gambar 1 : Cara Mengetahui Posisi Artikel di Hasil Pencarian Google

  • Pilih target pengunjung, misalnya google.co.id untuk target pengunjung Indonesia.
  • Masukkan keyword atau kata kunci yang di bidik pada hasil pencarian google, misalnya "Cara Membuat Blog"
  • Berikutnya masukkan URL artikel yang ingin di ketahui posisinya di SERP, tentunya artikel yang sesuai dengan keyword yang di bidik sebelumnya.
  • Klik check untuk mengetahui posisi artikel di SERP jika seseorang melakukan pencarian di google target pengunjung anda, lalu lihat hasilnya di bagian bawah tools tersebut.

Selamat bereksperimen...
Semoga bermanfaat.....